• Kategori

PARTISIPASI SD BARAN DALAM FESTIVAL BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Pada tanggal 3 November 2011 kemarin, Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul bersama Pemerintah Kabupaten Bantul menyelenggarakan Festival Budaya Berbasis Kearifan Lokal Tahun 2011.Kegiatan festival budaya berbasis kearifan lokal merupakan agenda rutin. Untuk tahun 2011 ini dengan mengambil tema : Dengan Pelestarian Budaya daerah dapat Memperkokoh Karekter dan Jati Diri Bangsa Indonesia .

Kegiatan  dimulai dengan lomba karawitan rutin yang diadakan pada tanggal 25 27 Oktober 2011 di Kecamatan Bambanglipuro, melibatkan murid-murid SD/MI tiap UPT PPD Kecamatan mewakilkan 2 group dan tahun ini ditingkatkan dengan wakil guru/karyawan dari TK, SD, SMP, SMA/K tiap UPT satu group.

Dengan kegiatan rutin dan melibatkan guru/ karyawan diharapkan kedepan dasar karawitan dapat dikembangkan dengan budaya seni yang lain seperti kethoprak, dolanan anak, langen carito, wayang kulit dan wayang orang atau yang lainnya. Untuk itu program yang dulu dicanangkan Bupati Bantul tahun 2010 dengan memberikan satu set gamelan untuk tiap SD tetap dilanjutkan, karena sampai saat ini baru 52 yang diberi dari 378 SD/MI di Bantul.

Disamping lomba karawitan juga Lomba mengajar guru SD/MI baik kelas rendah (Tematik) maupun kelas tinggi (mata pelajaran) yang diintegrasikan kepada unggulan jenis kearifan lokal masing-masing SD/MI, tiap SD mewakilkan 2 guru. Dan tahun 2012 akan dikembangkan dengan diprioritaskan untuk Bintek Pengintegrasian Pembelajaran,

Puncak kegiatan ini dilakukan dengan pameran. Masing-masing UPT mengisi satu stand untuk menampilkan seni budayanya, seni kerajinan dan makanan tradisional yang akan diambil 3 besar terbaik. SD Baran menampilkan makanan tradisional tape ketan. Makanan tradisonal ini disajikan di Stand UPT PPD Kecamatan Pundong. Makanan tradisional ini ternyata digemari oleh para pengunjung festival terbukti dalam waktu kurang dari  dua jam sudah habis terjual.

Dalam Festival ini tiap stand juga ditampilkan  proses membatik yang mana sebagai wujud dari pelaksanaan Mulok (Muatan Lokal) wajib pendidikan batik sesuai dengan SK Bupati No 05A tahun 2010 dan peraturan Bupati No. 13 Tahun 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: